IMKA – Pijar

IMKA Pijar adalah sebuah Organisasi Katolik di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura, yang mulai terbentuk pada tanggal 22 Desember 1995 dari sebuah perjuangan para alumni-alumni pada tahun 1995 sampai sekarang. IMKA-Pijar, adalah sebuah Lembaga Otonomi Kampus atau yang biasa kita kenal dengan istilah (LOK),yang dimana merupakan suatu wadah/tempat berkumpulnya seluruh Mahasiswa Katolik yang masih aktif dalam kegiatan perkuliahan di Fakultas Hukum,Universitas Tanjungpura dimana dengan tujuan agar IMKA-Pijar bisa menjadi Organisasi Pembelajaran bagi anggota-anggota nya di dalam berorganisasi.

Latar Belakang Terbentuknya IMKA-Pijar

Tujuh Belas Tahun sudah Ikatan Mahasiswa Katolik-Pijar (IMKA-PIJAR) berpijak di Fakultas Hukum, Salah satu UKMF yang didirikan pada tanggal 22 Desember 1995. Ikatan Mahasiswa Katolik-Pijar (IMKA-PIJAR) merupakan salah satu KMK unit yang ada di Universitas Tanjungpura.

Pada awalnya IMKA-PIJAR berdiri didasarkan atas rasa  spritualitas, solidaritas, dan intelektualitas mahasiswa-mahasiswi katolik Fakultas Hukum yang rindu akan wadah ke-Katolikan. Dengan harapan Melalui wadah ini dapat  menjadi pusat pemersatu segala aspirasi mahasiswa-mahasiswi katolik Fakultas Hukum  dalam konteks religius.Terbentuknya wadah ini tidak terlepas dari perjuangan para senior-senior tahun 1995 yang mengadakan pertemuan untuk menindak lanjuti ide para senior tersebut oleh mahasiswa angkatan tahun 92 dan 93 pertemuan tersebut memutuskan untuk membentuk suatu wadah, dan wadah itu diberi nama IKATAN MAHASISWA KATOLIK- PIJAR Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura yang disingkat “IMKA-PIJAR FH” Harapannya dengan diberikannya nama ini, dapat memberikan sinar terang Yesus Kristus sebagai Garam dan Terang bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi Katolik Universitas Tanjungpura serta seluruh umat katolik pada umumnya. Setelah itu terpilihlah saudara Herkulanus Rudi sebagai ketuanya dan Nekodimus sebagai sekretaris “IMKA-PIJAR FH”. 

Dengan terpilihnya kepengurusan ini, maka secara defacto dikalangan mahasiswa Katolik Fakultas Hukum, keberadaan IMKA-PIJAR diterima dan diakui. Namun rupanya perjuangan tidak hanya sampai disitu saja,IMKA-PIJAR FH yang sudah lengkap dari kepengurusan sampai pada AD-ART-nya ini, setelah diajukan pendirinya kepada pimpinan fakultas Hukum dengan tidak diberikannya SK kepada IMKA-PIJAR-FH, sehingga dengan terjadinya hal tersebut membuat aktivitas IMKA-PIJAR-FH seperti mengambang. Segenap jajaran kepengurusan dilanda oleh rasa kecewa yang mendalam karena perjuangan mereka dianggap sia-saia, sehingga menyebabkan banyak mahasiswa Katolik Fakultas Hukum masing-masing mencari kesibukan dan berjuang sendiri dalam kepengurusan senat,BPM, dan BKMK-KMK. Walaupun begitu mereka tetap berjuang dan mereka melakukan proses pengkaderan dan regenrasi kepada segenap mahasiswa katolik Fakultas Hukum dengan cara melibatkan Mahasiswa Katolik Fakultas Hukum dalam berbagai kegiatan baik yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern Fakultas. Berkat perjuangan tersebut maka terlihat lah peredaraan mahasiswa katolik Fakultas Hukum Untan.maka secara de facto IMKA-PIJAR pun diakui.

Untuk keanggotannya sendiri, pada prinsipnya  mahasiswa-mahasiswi katolik yang baru menjajakan kaki di Fakultas Hukum secara otomatis telah terdaftar sebagai anggoota IMKA-PIJAR. Hal ini tercantum dalam AD/ART IMKA-PIJAR Pasal 5 tentang KEANGGOTAAN yaitu : Anggota IMKA-PIJAR adalah seluruh mahasiswa katolik yang tercatat secara administratif di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura,Pontianak.

Dalam perkembangannya IMKA-PIJAR sudah mengalami tiga belas kali pergantian kepengurusan. Berikut adalah nama-nama yang pernah memimpin IMKA-PIJAR :

  1. Yustinus Bianglala               Periode 1996 – 1997     
  2. –                                              Periode 1997 – 1998 (Vacum / Terjadi kekosongan)
  3. Herkulanus.A                       Periode 1999 – 2000
  4. Stefanus Akim                      Periode 2000 – 2001
  5. Maria Magdalena                Periode 2001 – 2003
  6. Suprianto                              Periode 2003 – 2004 
  7. Biong Agato                          Periode 2004 – 2005
  8. Redin                                     Periode 2005 – 2006
  9. Hendri Jupiter.S                   Periode 2006 – 2007
  10. Stefanus Ngebi                      Periode 2007 – 2008
  11. Libertus Sabinus                   Periode 2008 – 2009
  12. Egidius Erwin.M                  Periode 2009 – 2010
  13. Andreas Sitohang                 Periode 2010 – 2011
  14. Meiji Lena Tarigan               Periode 2011 – 2012
  15. Michael Barus                       Periode 2012 – 2013
  16. Baptista Rocky                     Periode 2013 – 2014
  17. Hizki Alfredo                        Periode 2014 – 2015

“RELIGIO OMNIUM SCIENTARIUM ANIMA EST” adalah semboyan IMKA-PIJAR yang artinya “AGAMA ADALAH JIWA SEGALA ILMU PENGETAHUAN”. Dengan Martir pelindung Santo Thomas Aquinas. Lambang IMKA-PIJAR yang berbentuk segi lima (5) memuat unsur Kekatolikan, kemahasiswaan dan persaudaraan.