Universitas Tanjungpura
Fakultas HUKUM
Form LIRS Manual dapat dapat diunduh (didownload) melalui menu [Kemahasiswaan], pilih [Form LIRS Manual]
Akses Web-App SIAKAD melalui [Kemahasiswaan], pilih [Web-App SIAKAD].

Sarana & Prasarana

Kebijakan tertulis secara lengkap mencakup informasi tetang otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan kemitraan antara dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Untan telah dilakukan, yang dilaksanakan secara konsisten, berupa : Kebijakan Tentang Suasana Akademik, Otonomi Keilmuan, Kebebasan Akademik, Kebebasan Mimbar Akademik, diterjemahkan dalam bentuk Surat Keputusan Dekan Fakultas Hukum Untan, yang menetapkan standard akademik dan kebijakan akademik sebagai pedoman untuk mewujudkan otonomi keilmuan, kebebasan akademik, dan kebebasan mimbar akademik. Kebijakan akademik dan standard akademik ijabarkan lebih lanjut dalam peraturan akademik dan dilaksanakan secara konsisten untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif.

  1. Prodi Ilmu Hukum telah memiliki berbagai jenis prasarana dan sarana yang sangat lengkap serta didukung oleh dana yang sangat memadai, sehingga tercipta interaksi antar civitas akademika yang kondusif guna pencapaian visi, misi, dan tujuan Program Studi Ilmu Hukum.
  2. Ruang kuliah dan fasilitas ruang lainnya tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika dengan kapasitas sangat memadai untuk melaksanakan proses pembelajaran. Selain itu, tersedia juga jenis sarana yang menunjang kegiatan administrasi akademik, seminar mahasiswa, ujian skripsi, ruang dosen, ruang komputer, ruang perpustakaan, ruang sidang, ruang peradilan semu, ruang video conference,  ruang ibadah (musholla), ruang Lembaga Organisasi Kemahasiswaan. Dalam proses belajar-mengajar bagi dosen dan mahasiswa tersedia pengeras suara (sound system), In Foccus, OHP dan notebook.
  3. Tersedia koneksi jaringan internet/hotspot area yang sangat mudah diakses oleh seluruh civitas akademika dan terhubung dengan pusat data Universitas Tanjungpura.
  4. Tersedia koneksi jaringan Video Conference untuk pembelajaran jarak jauh dan persidangan jarak jauh yang merupakan kerjasama Fakultas Hukum Untan dengan Mahkamah Konstitusi RI.
  5. Prodi Ilmu Hukum telah menganggarkan dana yang sangat memadai untuk terciptanya interaksi akademik antar civitas akademik melalui anggaran Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat, Seminar, Lokakarya, Workshop, dan Forum Ilmiah lainnya.
  6. Prodi Ilmu Hukum telah memiliki dan menyediakan fasilitas parkir yang sangat luas dan memadai yang menampung kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, baik bagi dosen, mahasiswa, maupun karyawan.
  7. Prodi Ilmu Hukum telah memiliki taman yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan area publik sebagai media interaksi bagi civitas akademika.
 

Prodi Ilmu Hukum melaksanakan Interaksi Akademik berupa Program dan Kegiatan Akademik, selain perkuliahan dan tugas–tugas khusus untuk menciptakan suasana akademik, seperti kegiatan seminar, simposisum, lokakarya, bedah buku, pengenalan kehidupan kampus, temu dosen, mahasiswa, & alumni dilakukan secara terjadual :

  1. Prodi Ilmu Hukum telah mengadakan kegiatan akademik diluar perkuliahan secara terjadual sekali dalam sebulan dalam bentuk Seminar/Diskusi Ilmiah antar mahasiswa dengan dosen, antar sesama dosen, dan dengan narasumber lainnya.
  2. Mengadakan kuliah umum  dan Sidang jarak jauh yang dilaksanakan dengan sarana video conference, kerjasama Fakultas Hukum Untan dengan MKRI yang dilakukan seraca terjadual minimal seminggu sekali.
  3. Mengadakan kegiatan Dies Natalis Fakultas Hukum Untan secara rutin, yang dilaksanakan dengan mengundang alumni dalam acara Temu Alumni dengan tujuan untuk mendapatkan dan mendengarkan pandangan serta masukan mengenai kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja.
  4. Prodi Ilmu Hukum telah memfasilitasi kegiatan Diskusi Analisis terhadap suatu kasus, khususnya yang berkaitan dengan Pemberian Advokasi Hukum yang dilakukan oleh Biro Konsultasi & Bantuan Hukum dengan melibatkan dosen serta mahasiswa, minimal sebulan sekali berdasarkan kasus yang ditangani oleh BKHB Fakultas Hukum Untan.
  5. Prodi Ilmu Hukum telah melakukan kerjasama secara terjadual dengan berbagai instansi/lembaga penegak hukum untuk melaksanakan kegiatan pemagangan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studi pada Prodi Ilmu Hukum.
  6. Setiap mahasiswa baru Prodi Ilmu Hukum diberikan pembekalan dan pemahaman yang berkaitan dengan visi, misi, dan tujuan Prodi Ilmu Hukum, moral, etika, dan budaya akademik, strategi pembelajaran di Perguruan Tinggi, serta pengenalan lembaga/organisasi  kemahasiswaan. Kegiatan ini diberikan pada saat dilaksanakannya Orientasi Program Studi & Pengenalan Kampus (OPSPEK/PMB).
  7. Melakukan Kuliah Kerja dalam bentuk Field Trip ke beberapa lembaga pemasyakaratan maupun dilembaga Peradilan di bawah bimbingan dosen pengajar matakuliah Penologi dan Dosen Pengajar matakuliah Praktek Peradilan : Perdata, Agama, Pidana, dan Tata Usaha Negara. 

Komentar

comments powered by Disqus