Mahasiswa Katolik

FAKULTAS HUKUM UNTAN

IMKA Pijar adalah sebuah Organisasi Katolik di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura, yang mulai terbentuk pada tanggal 22 Desember 1995 dari sebuah perjuangan para alumni-alumni pada tahun 1995 sampai sekarang.

Latar Belakang Terbentuknya IMKA-Pijar

Tujuh Belas Tahun sudah Ikatan Mahasiswa Katolik-Pijar (IMKA-PIJAR) berpijak di Fakultas Hukum, Salah satu UKMF yang didirikan pada tanggal 22 Desember 1995 dan merupakan salah satu LOK yang ada.

Terbentuknya wadah ini tahun 1995 yang mengadakan pertemuan untuk menindak lanjuti ide para senior mahasiswa angkatan tahun 92 dan 93. Pertemuan tersebut memutuskan untuk membentuk suatu wadah diberi nama IKATAN MAHASISWA KATOLIK- PIJAR Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura yang disingkat “IMKA-PIJAR FH”. Setelah itu terpilihlah saudara Herkulanus Rudi sebagai ketuanya dan Nekodimus sebagai sekretaris “IMKA-PIJAR FH”. Maka secara defacto dikalangan mahasiswa Katolik Fakultas Hukum, keberadaan IMKA-PIJAR diterima dan diakui. Berkat perjuangan tersebut maka terlihat lah peredaraan mahasiswa katolik Fakultas Hukum Untan.maka secara de facto IMKA-PIJAR pun diakui.

Untuk keanggotannya sendiri, pada prinsipnya  mahasiswa-mahasiswi katolik yang baru menjajakan kaki di Fakultas Hukum secara otomatis telah terdaftar sebagai anggoota IMKA-PIJAR. 

Dalam perkembangannya IMKA-PIJAR sudah mengalami tiga belas kali pergantian kepengurusan. Berikut adalah nama-nama yang pernah memimpin IMKA-PIJAR :

“RELIGIO OMNIUM SCIENTARIUM ANIMA EST” adalah semboyan IMKA-PIJAR yang artinya “AGAMA ADALAH JIWA SEGALA ILMU PENGETAHUAN”. Dengan Martir pelindung Santo Thomas Aquinas. Lambang IMKA-PIJAR yang berbentuk segi lima (5) memuat unsur Kekatolikan, kemahasiswaan dan persaudaraan.

KEGIATAN BAKSOS (BSM) IMKA PIJAR

IMKA PIJAR

GALERI FOTO

ORGANISASI MAHASISWA FH UNTAN

GALERI BERITA IMKA PIJAR

Fakultas Hukum Untan
28/07/2018

Bakti Sosial Ikatan Mahasiswa Katolik Pijar

Fakultas Hukum Untan
01/09/2019

Imka Pijar Mengadakan Bakti Sosial Di Mempawah

Mahasiswa Katolik